Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Kencang di Bireuen, Tenda Pedagang Beterbangan, Rumah Tertimpa Pohon

Kompas.com - 26/04/2017, 18:41 WIB

Tim Redaksi

BIREUEN.KOMPAS.comAngin kencang yang menerjang Kabupaten Bireun, Aceh, selama 15 menit membuat sejumlah pohon tumbang dan menimpa bangunan. Angin kencang yang terjadi sekitar pukul 12.00 WIB ini pun menerbangkan dan merobohkan sejumlah tenda milik pedagang. 

Selain tenda di Jalan Langgar Square, beberapa kios keripik di lintas nasional Medan-Banda Aceh kawasan Desa Blang Cot, Kecamatan Jeumpa pun ikut terbang. Angin kencang datang tiba-tiba. Tak ada tanda-tanda apapun selain awan yang mendung. 

“Tiba-tiba saja angin sudah menerbangkan sejumlah atap dan pedagang panik menyelamatkan diri khawatir ada yang terjatuh menimpa,” ungkap Mukhsin, warga yang kebetulan melintas di kawasan sentra keripik.

(Baca juga: Hujan Angin, Atap Kantin Gedung Sate Beterbangan, 2 Mobil Tertimpa Pohon)

 Sementara itu, satu unit rumah dan warung milik Ismi (40), di Desa Geudong Alue, Kecamatan Kota Juang, dilaporkan tertimpa pohon kelapa yang tumbang. Beruntung, istri dan dua putranya yang masih balita selamat dari reruntuhan atap rumahnya.

Ismi menjelaskan, saat angin kencang terjadi, ia sedang berada di warung yang satu atap dengan rumahnya. Sedangkan istrinya Suwarni (35) dan dua putranya yang masih balita yaitu Maulana (6) dan M Aidil (1,5), berada dalam rumah.

Tiba-tiba pohon kelapa milik tetangganya di sebelah utara warung tumbang ke atap rumah. Pasca-kejadian itu, Ismi bersama tetangga dan warga setempat, membersihkan puing-puing reruntuhan atap rumahnya dibantu petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bireuen.

Kepala BPBD Bireuen, Farhan Husein mengatakan, pasca-angin kencang, banyak bangunan seperti kios pedagang, tenda, rumah yang diterpa angin. “Saat ini kami masih mendata kerusakan bangunan akibat diterjang angin,” ucapnya.

(Baca juga: Hujan Angin dan Es Landa Bandung, Pohon Tumbang Melintang di Jalan Dago)

Farhan mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap cuaca ektrim yang tidak terduga.

“Kami minta kepada warga untuk tetap waspada, jika terjadi angin kencang, segera keluar dari dalam rumah dan mencari tempat aman. Pohon-pohon yang membahayakan di sekitar rumah supaya ditebang agar saat angin kencang tidak roboh ke atas rumah,” pungkasnya.

Kompas TV Sebuah pohon di Jakarta Timur tumbang dan menimpa mobil yang terparkir di bawahnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com