Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati Harlah NU, Ribuan Warga Bondowoso Serukan Tolak Radikalisme

Kompas.com - 15/04/2017, 10:33 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Ribuan warga Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Sabtu (15/4/2017), menggelar aksi damai dengan berkonvoi dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama ke-94.

Acara konvoi tersebut dimulai dari wisma Ketua DPRD Kabupaten Bondowoso dan berakhir di Pondok Pesantren Darul Falah Kecamatan Cerme.

Menurut Ketua DPRD Kabupaten Bondowoso, Ahmad Dhafir, kegiatan konvoi tersebut bertujuan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat tentang ancaman serta bahaya gerakan terorisme dan radikalisme.

"Kami ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa hari ini negara kita sedang diincar oleh kelompok-kelompok intoleran, yang ingin mengubah negara kita menjadi negara Islam," kata Dhafir.

Padahal, lanjut dia, negara ini didirikan oleh para ulama, tidak dengan mudah. Para ulama, termasuk pendiri Nahdlatul Ulama, telah berkorban demi merebut dan memperjuangkan kemerdekaan bukan untuk sekelompok orang.

"Kalau kemudian sekarang ada sekelompok organisasi yang ingin mendirikan negara Islam dan menerapkan sistem syariat Islam, maka perlu dipertanyakan jiwa nasionalismenya. Makanya baca sejarah bagaimana bangsa ini didirikan," kata dia.

Selain itu, kegiatan konvoi tersebut juga bertujuan untuk mengingatkan kepada masyarakat, agar selalu menjaga persatuan dan tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu yang mengarah kepada perpecahan bangsa.

"Di sepanjang jalan kami juga menyerukan kepada masyarakat agar tetap saling hidup rukun dan saling menghormati, sebagaimana nilai-nilai yang telah diwariskan oleh pendiri bangsa kita," ucapnya.

Sementara itu, salah satu peserta konvoi M Nawawi Siddiq, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Ini adalah kegiatan positif untuk menyampaikan pesan langsung kepada masyarakat, untuk terus ikut menjaga persatuan dan terus mengingat jasa para ulama NU yang ikut memiliki andil besar mendirikan bangsa ini," kata dia.

Kompas TV Muslimat NU Gelar Hari Lahir ke-71
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com