Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketegangan Mereda, Museum Keraton Solo Dibuka Lagi Besok

Kompas.com - 07/04/2017, 23:58 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Museum Keraton Surakarta akan kembali dibuka, Sabtu (8/4/2017) setelah ditutup selama empat hari. Keputusan ini diambil karena konflik internal keraton sudah mereda. 

Pelaksana Tugas Raja Keraton Surakarta Hadiningrat, KGPH Puger mengatakan, selain konflik internal sudah mereda, penutupan museum yang terlalu lama akan merugikan masyarakat terutama para peneliti. 

"Sekarang semua pihak cooling down, dan saya harap tidak ada yang memulai ketegangan. Dan untuk museum kita usahakan akan buka hari Sabtu besok, supaya tugas penelitian dan studi tidak terganggu," ujar ujar Puger, Jumat (7/4/2017).

(Baca juga: Keluarga Keraton Solo Kembali Berseteru)

Puger meminta maaf atas kejadian yang terjadi di keraton akhir-akhir ini. Pihaknya sengaja menutup keraton, museum, dan perpustakaan dari umum ketika konflik internal terjadi. Karena keraton tidak ingin melibatkan warga saat kondisi memanas.

"Kita tutup dulu agar masyarakat tidak resah serta tidak berspekulasi terhadap kondisi keraton yang sedang tidak kondusif," tuturnya.

Konflik internal keluarga keraton Solo kembali terjadi antara dua pihak keluarga keraton. Konflik terjadi antara Tim Lima bentukan Paku Buwono XIII dengan Dewan Adat yakni KGPH Puger dan saudari-saudarinya.

(Baca juga: Museum Tutup akibat Konflik Keluarga Keraton Solo, Wisatawan Kecewa)

 

Konflik bermula dari pembongkaran paksa sekat pembatas di area dalam keraton yang menghubungkan Sasana Narendra dan Langen Katong oleh Tim Lima, Minggu (2/4/2017) lalu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com