Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serunya Bermain Tarik Tambang di Atas Sampan di Danau Toba

Kompas.com - 28/03/2017, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Jika biasanya tarik tambang dilakukan di darat, warga di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, menikmati serunya bermain tarik tambang di atas sampan atau biasa disebut tarik tambang solu di Pantai Situngkir, Pangururan.

Lomba ini merupakan bagian dari rangkaian Festival Pasir Putih yang digelar di pantai ini, Minggu (26/3/2017).

 

Prinsipnya, dayung terus sampai sampan lawan lewat garis batas.

"Kalau tarik tambang di darat saling berhardapan, kalau ini saling membelakangi. Kalau tim sebelah kanan menarik pemain sebelah kiri lewat garis batas maka  tim sebelah kanan memenangi pertandingan tersebut, begitu sebaliknya," kata Bresman Simbolon, wasit tarik tambang solu.

Setiap tim membutuhkan kekompakan dari keempat anggotanya untuk mendayung secara bersamaan agar sampan mereka bisa menarik sampan lawan. Tentu saja, juga terus berjuang agar sampan mereka tidak melewati garis.

Hari itu, 11 tim perwakilan dari seluruh kecamatan dari Kabupaten Samosir bertarung dan beradu tenaga dalam lomba tarik tambang solu ini. Lomba ini dipilih untuk diadakan oleh Kabupaten Samosir dan akan dijadikan agenda tahunan dalam acara Festival Pasir Putih di Pantai Situngkir untuk menarik minat wisatawan.

Saksikan videonya dari KompasTV berikut ini:

 

Kompas TV Tradisi Unik Lomba Tarik Tambang di Atas Sampan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com