Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembebasan Lahan Jalan Tol di Kendal Kembali Molor

Kompas.com - 02/03/2017, 17:15 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL,KOMPAS.com - Pembebasan lahan untuk proyek jalan tol Semarang- Batang di Kabupaten Kendal Jawa Tengah, kembali molor. Pasalnya, menurut Ketua Tim Pembebasan Tanah jalan tol wilayah Kendal, Herry Fatkhurohman, Kamis (2/3/2017), hingga bulan Maret ini, pembebasan tanahnya baru selesai 52 persen.

Dia mengatakan, sebenarnya sudah 60,99 persen warga setuju dengan penetapan harga. Namun, yang sudah dibayar baru 52 persen.

“Sekitar 92 persen warga Kendal terdampak pembangunan jalan tol Semarang-Batang yang melintas di Kabupaten Kendal sudah kami ajak musyawarah,” kata Herry yang juga Kepala ATR/BPN Kendal itu.

Menurut berharap dalam waktu dekat kesepakatan harga dengan warga bisa tercapai. Sehingga pekerjaan jalan tol bisa dilaksanakan, dan Lebaran bisa dilalui.

“Ada sekitar 3.874 bidang tanah di Kendal ini, dengan panjang 37 kilometer, yang terkena pembangunan jalan tol Semarang- Batang,” ujarnya.

Herry mengakui sesuai intruksi presiden, pembebasan lahan harusnya selesai akhir Februari. Namun, sebutnya,  di Kendal masih terkendala data, seperti misal masalah waris, hingga surat tanah yang hilang.

“Sehingga pembebasan tanah menjadi molor. Kalau data lengkap, pembayaran akan cepat dilakukan," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com