Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ex Bioskop Concordia Akan Jadi "Broadway" Bandung

Kompas.com - 24/02/2017, 22:28 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pengelolaan Gedung Majestic, ex Bioskop Concordia, di Jalan Braga, Kota Bandung kembali diambil alih oleh Perusahaan Daerah (PD) Jasa dan Kepariwisataan (Jawi) Provinsi Jawa Barat.  

Ade Didik Isnandar, Direktur Utama PD Jasa dan Kepariwisataan Provinsi Jawa Barat mengatakan, gedung yang sekarang bernama De Majestic ini akan dijadikan destinasi wisata untuk turis asing maupun lokal. 

"Kami dengan para stakeholder terkait ingin menjadikan De Majestic ini sebagai destinasi wisata," kata Ade dalam konferensi pers Relaunching Gedung De Majestic, Jalan Braga, Kota Bandung, Jumat (24/2/2017).

Tidak ada perubahan interior di dalam Gedung De Majestic ini. Setelah tidak berfungsi sebagai bioskop, gedung ini memang lebih banyak digunakan sebagai ruang pertunjukkan seni. 

Ke depan, De Majestic akan menjadi tempat wisata untuk menampilkan seni budaya khususnya budaya sunda. 

"Gedung ini akan dikembalikan sebagai pusat pertunjukan budaya. Visi gedung bersejarah dan bernilai tinggi ini ingin kembali menghadirkan pertunjukan budaya terutama budaya sunda," ucapnya.

Ade berharap, gedung kebudayaan De Majestic ini bisa memberikan pengetahuan kepada wisatawan asing tentang kesenian budaya sunda.

Untuk itu, PD Jasa dan Kepariwisataan Provinsi Jawa Barat kan membuat pertunjukan kesenian sunda secara rutin dua kali dalam satu minggu.

"Intinya visi ke depan De Majestic bisa menjadi ikon dan broadway-nya Braga. Sejarahnya dulu ini (Jalan Braga) memang broadway-nya Bandung," ungkapnya. 

Gedung yang pernah mengalami sejarah kelam di tahun 2008 ini diakui oleh Ade akan dibuat sebagai gedung komersial. Namun, pendapatan dari pertunjukkan seni budaya sunda rutin akan disubsidikan untuk kegiatan-kegiatan seni budaya di gedung tersebut yang sifatnya pendidikan.  

"Tidak perlu malu untuk mengkomersialkan budaya daan pariwisata karena memang harus komersial.  Bali bisa berhasil karena punya model bisnisnya. Di sini kita juga akana buat model bisnisnya," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com