Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, 2 Kapal yang Tengah Berlayar di NTT Disuruh Balik ke Pelabuhan

Kompas.com - 26/01/2017, 16:54 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Dua kapal milik PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) yang sedang berlayar dari Pelabuhan Bolok Kupang menuju Aimere, Kabupaten Nagekeo dan Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), terpaksa kembali ke pelabuhan karena cuaca buruk.

Kepala PT ASDP Cabang Kupang, Arnoldus Yansen, kepada Kompas.com, Kamis (26/1/2017), mengatakan, dua kapal yang batal berlayar itu yakni KMP Ine Rie II dan KMP Ile Labalekan.

“Tadi mereka sudah berlayar selama 2 sampai 3 jam, namun karena banyak penumpang yang tidak kuat, mabuk dan muntah karena gelombang besar dan angin kencang sehingga mereka meminta untuk pulang kembali. Saya kemudian putuskan dua kapal itu untuk kembali ke pelabuhan,” kata Yansen.

Karena cuaca di wilayah NTT yang buruk, lanjut Yansen, mulai Jumat (27/1/2017) besok, pihaknya akan menghentikan pelayaran untuk semua lintasan.

“Kita akan tutup pelayaran hingga Sabtu dan Minggu besok, sambil kita lihat perkembangan dan situasi cuaca dan juga kita tetap lakukan koordinasi dengan BMKG,” ucapnya.

Yansen menyebutkan, saat ini tinggi gelombang berkisar antara 2,5 hingga 3 meter, sementara untuk perairan di selatan NTT berkisar 4 hingga 6 meter. Kecepatan angin antara 15-30 knot.

"Namun karena awal musim sehingga arusnya sangat kencang, dan ini sangat riskan sekali, karena itu kita tidak mau ambil risiko,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com