Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diterpa Angin Kencang, Pohon Beringin Berusia Puluhan Tahun Roboh

Kompas.com - 09/01/2017, 18:29 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

SLEMAN,KOMPAS.com - Pohon beringin berukuran besar di Jalan Kebon Agung, Krongahan, Gamping, Sleman roboh akibat diterpa hujan dan angin kencang. Akibatnya dua orang mengalami luka-luka, tiga bangunan dan tempat sepeda motor rusak akibat tertimpa pohon yang berusia puluhan tahun ini.

Sutikno pemilik usaha Mebel yang tertimpa pohon beringin menceritakan awalnya pada pukul 14.00 WIB turun hujan dengan disertai angin kencang.

"Hujannya tidak deras, tetapi anginya kencang sekali," ucap Sutikno saat ditemui Kompas.com, Senin (9/1/2017).

Sutikno menuturkan, saat hujan disertai angin kencang itu, ada tiga orang yang berada di dalam lokasi mebelnya. Selain itu ada tiga orang lewat yang numpang berteduh di bagian teras depan.

"Yang di dalam ada tiga, Saya, karyawan saya dan satu lagi penjual es yang biasa jualan di bawah pohon beringin itu. Tiga orang berteduh di teras depan," ujarnya.

Menurut dia, tanpa ada suara patah, tiba-tiba pohon beringin yang berada di tengah pertigaan jalan roboh dan menimpa bangunan tempat produksi mebelnya. Serentak tiga orang yang berada di dalam dan di teras depan lari untuk menyelamatkan diri.

"Saya teriak mengajak keluar, tetapi karyawan saya Dikdo dan mas Gendut (penjual es dibawah pohon beringin) terlambat keluar," ucapnya.

Akibatnya lanjut dia, Dikdo mengalami patah tulang dibagian kaki kiri dan langsung dilarikan ke rumah sakit UGM. Sementara penjual es yang biasa berjualan di bawah pohon beringin mengalami luka di bagian kepala.

"Dikdo kaki kiri patah sekarang di RS UGM, kalau mas Gendut luka di kepala. Tadi dibawa ke RS UGM tetapi sekarang sudah pulang," katanya.

Selain mengakibatkan dua korban luka-luka, ambruknya pohon beringin juga menyebabkan dua bangunan warung dan empat sepeda motor rusak.

"Kalau tempat saya rusak berat, itu kursi dan meja di dalam yang harganya mahal juga rusak. Dua warung samping saya juga rusak tertimpa," kata Sutikno.

"Ada empat motor juga yang rusak tertimpa," tambah dia.

Menurut Sutikno,  usia pohon beringin tersebut sudah puluhan tahun.

"Itu sudah puluhan tahun usianya. Saya di sini saja itu sudah ada," tuturnya.

Sampai saat ini, BPBD Sleman, BPBD DIY, SAR, Relawan, anggota polisi dan TNI mengevakuasi pohon beringin yang ambruk. 

Selain menimpa bangunan, pohon beringin juga menutup akses jalan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com