Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Aceh, Dua Orang Tewas Tertimbun Bangunan di Pidie

Kompas.com - 07/12/2016, 15:40 WIB
Masriadi

Penulis

PIDIE, KOMPAS.com – Pejabat Bupati Pidie Munawar A Jalil mengatakan, ada dua korban tewas di Kabupaten Pidie akibat gempa yang berpusat di Kabupaten Pidie Jaya, Rabu (7/12/2016).

Munawar mengatakan, keduanya meninggal dunia akibat tertimpa bangunan di Desa Sukon Geulumpang Tiga, Kecamatan Gelumpang Tiga, Kabupaten Pidie.

"Dari dua orang itu, satu orang jasadnya sudah ditemukan. Satu lagi sedang kita gali reruntuhan bangunan rumah dan toko untuk menemukannya," kata Munawar kepada Kompas.com.

Gempa juga mengakibatkan kerusakan bangunan dan korban jiwa di Kabupaten Pidie, Pidie Jaya, dan Kabupaten Bireuen.

Dia menyebutkan, kerusakan di Kabupaten Pidie tidak terlalu parah. Kondisi kerusakan terparah ada di Kabupaten Pidie Jaya.

"Meski begitu, ada juga beberapa rumah yang rusak di Pidie. Namun, kami terus menghimpun datanya. Angkanya puluhan," kata Munawar.

Saat ini, tim medis telah dikerahkan untuk siaga di Rumah Sakit Umum Daerah Pidie. Sebagian besar korban dari Pidie Jaya dibawa ke rumah sakit tersebut.

"Saya juga intruksikan puskesmas seluruhnya buka. Tangani pasien korban secepat mungkin di puskesmas. Jika tidak mampu, segera rujuk ke rumah sakit," kata dia.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional hingga Rabu sore, jumlah korban tewas akibat gempa mencapai 52 orang. Kerusakan parah terjadi di Pidie Jaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com