Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Berawan, Jarak Pandang 9.000 M Saat Pesawat Polri Hilang Kontak

Kompas.com - 03/12/2016, 18:33 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang merilis cuaca dalam kondisi berawan dengan jarak pandang 9.000 meter saat pesawat Sky Truck milik Polri dilaporkan hilang di wilayah Perairan Batam, Sabtu (3/12/2016).

"Normal. Itu (jarak pandang) untuk pengamatan di permukaan di Dabo Singkep," kata Kepala BMKG Pangkalpinang, Nurhuda, dalam keterangan kepada media, Sabtu (3/12/2016).

Kondisi cuaca di wilayah Dabo Singkep, Kepulauan Riau yang diduga sebagai lokasi pesawat hilang kontak, diketahui berdasarkan pengamatan permukaan yang dilakukan BMKG sebelum dan saat kejadian.

"Iya, cuma informasi keadaan cuaca permukaan di Dabo Singkep," ujarnya.

Kepala Bidang Humas Polda Kepulauan Bangka Belitung, AKBP Abdul Munim mengatakan, sebelum bertolak dari Pangkalpinang menuju Batam, pesawat jenis M-28 Sky Truck dengan nomor penerbangan P-4201 yang dipimpin Capt Budi Waluyo, terlebih dahulu mengisi bahan bakar.

"Info detail belum bisa diberikan. Yang saya tahu perintah penerbangan dari markas Pondok Cabe Jakarta," ujarnya.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar sebelumnya mengatakan bahwa telah ditemukan kursi yang diduga dari pesawat yang hilang kontak. 

Sejumlah benda seperti tas dan pakaian milik penumpang juga ditemukan. (Baca: Polri: Kursi Pesawat yang Hilang Kontak dan Tas Penumpang Ditemukan)

Hingga saat ini belum ada konfirmasi mengenai keadaan pesawat tersebut. Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan belum dapat memberikan konfirmasi.

(Baca: Benarkan Pesawat Polri Hilang Kontak, Kepala BNPP Tunggu Info Detail)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com