Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

65 Rumah Rusak Akibat Puting Beliung

Kompas.com - 08/11/2016, 20:21 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

LAMONGAN, KOMPAS.com – Sebanyak 65 rumah yang berada di Dusun Ngareng, Desa Kudikan, Kecamatan Sekaran, Lamongan, Jawa Timur rusak, usai diterjang angin puting beliung, pada Selasa (8/11/2016) sore WIB.

Rinciannya,  10 rumah mengalami kerusakan berat alias roboh, 30 rumah lain mengalami kerusakan sedang, dan sisanya atau sekitar 25 rumah mengalami kerusakan ringan.

“Angin tadi mulai berhembus kencang sekitar pukul 14.30 WIB. Tidak lama kemudian, rumah-rumah yang ada di sini gentengnya berterbangan. Bahkan, ada pula yang sampai harus roboh,” tutur salah satu warga Afandi (38), Selasa (8/11/2016).

Kondisi bangunan rumah warga yang terbuat dari kayu, memudahkan angin puting beliung dalam merobohkannya. Sementara bangunan rumah warga yang sudah terbuat dari tembok, rata-rata hanya mengalami kerusakan sedang dan ringan.

“Ada sepuluh rumah dari kayu yang ambruk. Kalau yang sudah tembok, rata-rata hanya bagian gentengnya saja yang rusak, terbang dibawa oleh angin,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan sekaligus memberikan bantuan, para petugas kepolisian sektor (Polsek) Sekaran serta jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan, sudah terlihat di lapangan.

“Dari data yang kami dapat, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya saja, kerugian materil lantaran rumah warga banyak yang rusak,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Lamongan, Suprapto.

“Estimasi awal, kerugian yang harus ditanggung para warga akibat kejadian ini mencapai sekitar Rp 200 juta. Tapi ini masih kami coba hitung lagi, sambil memberikan bantuan kepada warga,” tambah dia.

Angin puting beliung sendiri tidak hanya merusak rumah warga yang ada di Dusun Ngareng, namun juga menumbangkan puluhan pohon di bahu Jalan Raya Mantup, Lamongan.

Angin menerjang puluhan pohon bersamaan dengan turunnya hujan, meski dengan intensitas yang tidak begitu deras.

Puluhan pohon tersebut tumbang, mayoritas diketahui sudah berusia cukup tua. Akibat tumbangnya puluhan pohon ini, sempat memacetkan arus lalu lintas kendaraan yang melintas sekitar satu jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com