Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Oleng, Juru Masak Ini Terjun ke Laut dan Selamat

Kompas.com - 01/11/2016, 23:24 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Kapal Motor (KM) Dewaruci Perkasa yang bermuatan semen tenggelam di Perairan Laut Gresik, Jawa Timur, Selasa (1/11/2016) sore setelah bertabrakan dengan kapal lain.

Salah satu anak buah kapal (ABK) Dewaruci yang selamat, Laode Zamni (43) mengaku tidak mengetahui secara persis kejadian itu. Hanya saja, ia merasa kapal oleng.

Laode yang bertugas sebagai juru masak di dalam dek kapal langsung mencari jalan keluar. Tanpa pikir panjang, dia menceburkan diri ke laut.

“Tahu kapal oleng, saya langsung terjun ke laut. Sempat ada suara seperti tabrakan, dan langsung disusul dengan kondisi kapal yang goyang seperti usai menabrak sesuatu,” tutur Laode, Selasa (1/11/2016).

Baca juga: Kapal Pengangkut Semen Bersenggolan hingga Karam, 4 Orang Hilang

KM Dewaruci Perkasa sendiri hendak berlayar menuju Kalimantan dari Pelabuhan Gresik untuk keperluan pengiriman semen. Namun belum jauh dari tempat berlabuh, perjalanan kapal harus terhenti lantaran bertabrakan dengan kapal lain.

Akibat kecelakaan itu, 4 dari 13 kru kapal hilang. Korban hilang masih dalam pencarian.

“Satu dari korban yang belum ditemukan itu adik saya, namanya Laode Deolo. Semoga saja akan dapat ditemukan dengan segera oleh petugas, dan dalam kondisi selamat serta sehat,” harapnya.

Kru lainnya, Juprianto (20), menjelaskan, sebelum kecelakaan tersebut terjadi, arus perairan memang cukup kencang.

“Tidak hanya arus, tapi kondisi angin juga kencang saat itu. Jadi saat kapal hendak kami belokkan karena ada kapal lain di depan, yang saya kira sudah cukup haluannya, malah menabrak kapal itu,” kata Juprianto.

Beruntung, tak lama setelah kejadian, tim Satpolair Polres Gresik tengah berpatroli rutin dan melintas di area tersebut, sehingga beberapa ABK bisa diselamatkan.

Saat ini, sembilan ABK KM Dewaruci Perkasa yang berhasil diselamatkan masih menginap di kantor Satpolair Polres Gresik yang beralamat di Jalan RE Martadinata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com