Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Akan Buka Acara Puncak Sail Selat Karimata 2016 di Kayong Utara

Kompas.com - 14/10/2016, 19:00 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

KAYONG UTARA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo tiba di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, Jumat (14/10/2016) menggunakan heli Super Puma kepresidenan.

Kedatangan Jokowi ini disambut masyarakat yang antusias menantikan kehadiran orang nomor satu di Indonesia ini dalam rangkaian Sail Selat Karimata (SSK) 2016 yang dipusatkan di Pantai Pulau Datok.

Presiden Jokowi dijadwalkan akan membuka rangkaian SSK pada Sabtu (15/10/2016) pagi, didampingi oleh ibu negara Iriana Jokowi.

Selain oleh presiden dan ibu negara, acara ini juga akan dihadiri beberapa menteri kabinet kerja seperti Menko Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan, Menteri Pariwisata Arif Yahya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara serta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

Beragam kegiatan akan dilaksanakan pada acara puncak tersebut, antara lain demo Air Medevac (Evakuasi Medis Udara) oleh TNI AL, sailing pass kapal layar ringan (yacht) yang berasal dari 9 negara, demo terjun bebas (free fall), Heli Bolco yang membawa banner Sail Selat Karimata 2016 serta tari kolosal yang akan dibawakan oleh 1.000 pelajar dari Kabupaten Kayong Utara.

Selain itu, kegiatan lainnya akan digelar sebelum dan sesudah acara puncak Sail Selat Karimata di Kabupaten Kayong Utara. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain pameran produk unggulan daerah pesisir, pelayaran Nusantara Jaya, seminar kemaritiman, dan pelayanan kesehatan.

Kemudian kerja bakti pembersihan lokasi acara puncak oleh sekitar seribu relawan Gerakan Budaya Bersih dan Senyum (GBBS), penanaman pohon untuk pelestarian plasma nutfah, festival kuliner, kompetisi perahu naga, pembangunan sentra informasi Nelayan, lomba desain tenun khas Kalimantan, pembangunan Masjid Sukadana, serta pembenahan akses jalan di Kabupaten Kayong Utara.

Pemerintah pusat dan daerah melaksanakan rangkaian kegiatan ini dengan tujuan mempercepat pembangunan dan mempromosikan potensi daerah penyelenggara even tersebut.

Rangkaian kegiatan Sail Selat Karimata ini diinisiasi oleh Kementerian Perdagangan, Kemenko Kemaritiman, Kemenko PMK, Dekin, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Desa, Kemenristek Dikti, BKKBN, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pariwisata, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian PU, pemerintah daerah dan BUMN.

Pada acara puncak, Presiden Jokowi dijadwalkan akan meresmikan Masjid Agung Sukadana, melakukan penanaman pohon jeruk dan durian kalimantan, mengunjungi sentra informasi nelayan di Sukadana serta mengunjungi pameran potensi daerah di sekitar pantai Pulau Datok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com