Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Ajak Siswa Pesepeda Makan Siang di Rumah Dinas

Kompas.com - 14/10/2016, 17:13 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Rumah dinas Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Pendopo) di Jalan Dalemkaum mendadak riuh oleh suara anak sekolah, Jumat (14/10/2016) siang.

Puluhan siswa berseragam SMP itu berbondong-bondong masuk ke Pendopo dengan membawa sepeda. Para siswa yang tergabung dalam komunitas bike to school itu ternyata sengaja diundang Ridwan Kamil untuk makan siang.

Seusai santap siang, Ridwan langsung menemui para siswa yang sudah tak sabar menunggu sang wali kota. Kedatangan Ridwan langsung disambut riuh para siswa.

"Saya mengumpulkan sebagian dari sebagian besar anak-anak SMP yang tiap hari rutin naik sepeda," ucap Emil, sapaan akrabnya.

Kepada para siswa, Emil memberi wejangan tentang manfaat bersepeda serta dampak positif pada pembangunan kota.

Dia mengatakan, di negara maju seperti di negara-negara skandinavia, bersepeda merupakan cara ampuh membuat kota lebih nyaman.

"Saya bilang ke mereka mari kita rebut kembali Bandung sebagai kota sepeda. Bandung sudah tersebut sebagai kota mobil. Padahal zaman dulu, tahun 1930-an Bandung adalah kota sepeda," katanya.

Emil mengaku sengaja mengampanyekan bersepeda kepada para siswa sekolah. Sebab, mengedukasi kalangan pelajar lebih mudah daripada memberi pemahaman kepada orang dewasa.

"Mengedukasi orang dewasa susah. Mereka tidak mudah menangkap nilai dan mengubah gaya hidup. Maka strateginya kalau generasi bapaknya gak bisa maka investasi di tingkat anak," tuturnya.

"Tugas anak-anak mengampanyekan di level anak sekolah. Makanya, saya suruh kampanye, motret selfie pakai sepeda. Mudah-mudahan karena anak-anak lebih paham dan mudah mengerti, akselerasi Bandung kota sepeda bisa jauh lebih cepat," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com