Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pasang Calon Kepala Daerah di Pilkada Buton Tengah

Kompas.com - 23/09/2016, 08:36 WIB

LABUNGKARI, KOMPAS.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum Buton Tengah, Sulawesi Tenggara, Aminuddin mengatakan, pemilihan kepala daerah serentak periode 2017-2022 di Buton Tengah diperkirakan hanya diikuti dua pasang calon bupati-wakil bupati.

"Kedua pasangan calon kepala daerah Buton Tengah, yaitu Samahudin-La Ntau dan Abdul Mansur Amila-Saleh Ganru," kata Amin di Labungkari, Jumat (23/9/2016).

Duet Samahudin-La Ntau didukung lima partai politik, yakni PDI-P, PKB, PKS, PPP, dan Nasdem dengan akumulasi jumlah kursi di DPRD sebanyak 10 kursi atau 40 persen.

Adapun Abdul Mansur-Saleh diajukan oleh PAN, Gerinda, Golkar, Demokrat, dan PBB. Namun, setelah penelitian berkas dilakukan, Demokrat dan PBB tidak memenuhi syarat.

Dukungan PBB hanya ditandatangani ketua umum dan wasekjen, sedangkan surat dukungan Demokrat hanya ditandatangani ketua DPC dan wakil sekretaris.

Amin mengatakan, sempat ada calon perseorangan yang mendaftar di KPU. Namun, setelah berkas mereka diteliti, dukungan calon tersebut tidak memenuhi syarat ketentuan.

"Oleh karena berkas calon perseorangan tidak memenuhi syarat, maka KPU menggugurkan calon tersebut dari pencalonan," kata dia.

Kedua pasang calon bupati-wakil bupati yang dinilai memenuhi syarat akan ditetapkan sebagai pasangan calon kepala daerah pada Oktober 2016.

Pencabutan nomor urut calon dilakukan pada 22 Oktober 2016 dan kampanye perdana dimulai 23 Oktober 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com