Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementan Kembangkan Komoditas Daging Domba dan Kambing

Kompas.com - 27/08/2016, 20:56 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, pemerintah saat ini sedang fokus dalam melakukan swasembada protein hewani.

Menurut Amran, populasi domba dan kambing terbukti meningkat sebesar 5,8 persen dalam kurun waktu 2011-2015.

"Perkembangan domba di Indonesia semakin baik mencapai 17 juta ekor dan kambing sebanyak 19 juta ekor. Insya Allah tahun depan kami mendorong untuk ekspor," ujar Amran, saat menghadiri Kontes Domba Garut dan Kambing, di Kebun Raya Bogor, Sabtu (27/8/2016).

Baca juga: Jokowi Siapkan Hadiah Rp 1 Miliar untuk Kontes Domba Garut Piala Presiden

Amran menambahkan, pihaknya bertekad untuk memberikan perhatian serius pada kualitas domba dan kambing. Kata Amran, pada tahun 2015, populasi ternak domba dan kambing mencapai 36 juta ekor.

"Tidak hanya fokus pada daging sapi saja, tapi sekarang kita juga fokus dalam daging domba dan kambing," katanya.

Kepala Kantor Staf Presiden Teten Masduki menuturkan, khusus untuk domba garut memilik nilai ekonomis cukup tinggi. Jika pemuliaan domba garut terus dilakukan lalu disebarluaskan ke berbagai daerah, maka bisa menjadi alternatif ternak rakyat untuk memenuhi kecukupan daging.

"Bulunya saja kalau diolah bisa menjadi wol. Tentu, kalau dombanya sendiri selain untuk kontes, tapi karena bobotnya sangat besar bisa untuk daging. Daging kambing dan domba itu justru lebih sehat dari daging sapi," pungkas Teten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com