Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi PDI-P pada Pilkada Babel, Gerindra Gandeng Nasdem dan PKB

Kompas.com - 13/08/2016, 19:47 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com — Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) berencana membangun koalisi tiga partai untuk menghadapi PDI Perjuangan pada Pilkada Kepulauan Bangka Belitung. Sebagai kandidat gubernur, partai koalisi akan mengusung Ketua DPD Gerindra Bangka Belitung Erzaldi Rosman.

Rancangan koalisi tiga partai yang beranggotakan Gerindra, Nasdem, dan PKB diluncurkan bersamaan dengan pembentukan jajaran kepengurusan DPD Gerindra Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (13/8/2016).

Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo mengatakan, Gerindra telah memutuskan untuk mengusung Ketua DPD Gerindra Bangka Belitung sebagai kandidat gubernur. Guna memenuhi syarat dukungan, maka dua partai, yakni Nasdem dan PKB, akan masuk dalam barisan koalisi.

“Surat rekomendasi telah kami terima dari partai yang akan bergabung dalam koalisi. Saat ini baru dari Nasdem dan PKB,” kata Hashim seusai mengukuhkan pengurus Gerindra Bangka Belitung.

Koalisi pimpinan Gerindra disebut-sebut akan berhadapan dengan kandidat gubernur yang akan diusung PDI Perjuangan, yakni calon petahana yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Bangka Belitung, Rustam Efendi.

Pilgub Kepulauan Bangka Belitung yang masuk dalam pilkada serentak nasional pada 15 Februari 2017 diprediksi akan menjadi tempat bagi tiga kandidat gubernur yang masing-masing dimotori koalisi pimpinan Gerindra, koalisi Golkar, dan koalisi PDI Perjuangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com