Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pertama, 200 Kakak Asuh Temani Adik Kelas Kenali Sekolah

Kompas.com - 18/07/2016, 15:02 WIB
Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - 200 kakak asuh di SDN 2 Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), menemani adik kelas yang masih duduk di bangku kelas satu pada hari pertama masuk sekolah, Senin (18/7/2016).

Dengan mengenakan selendang songket khas Lombok, pita merah dan pin, kakak asuh yang terdiri dari siswa-siswi kelas V dan VI ikut terlibat menemani siswa baru untuk mengelilingi sekolah sekaligus mengenali lingkungan sekolah.

Dengan bergandengan tangan, para siswa baru dan kakak asuh berkeliling mulai dari ruang kelas, UKS, kantin, perpustakaan serta mengenalkan kepada guru-guru yang akan mengajar.

Cahya, salah satu kakak asuh, mengaku senang dengan kegiatan ini. Selain bisa berkenalan dengan adik-adik kelas baru, dia juga senang bisa menemani adik kelasnya mengenal lingkungan sekolah.

"Kami kenalin mereka ke ruangan yang ada dan kenalin ke temannya biar lebih nyaman bersekolah," kata Cahya.

Wayan Sri Asih Artini, wali kelas V SDN 2 Cakranegara, mengatakan program kakak asuh ini sangat bagus diterapkan di sekolah. Pasalnya, selain diantarkan orangtua ke sekolah, para siswa baru juga disambut oleh kakak kelas mereka.

"Menurut saya program ini sangat bagus apalagi ada keterlibatan dari orang tua murid kemudian kita melibatkan kakak kelasnya sebagai teman yang baru pertama mereka kenal yang akan kenalkan sekolah ini," kata Wayan.

Dia mengatakan, program kakak asuh ini merupakan program uji coba dari kementerian pendidikan yang dilaksanakan pertama kali di Kota Mataram. Pada hari pertama ini, sebanyak 200 siswa baru ditemani oleh 200 kakak asuh.

"Seperti kita tahu selama ini MOS identik dengan menggojlok adiknya, tetapi di sini dia akan menemani adiknya untuk mengenal lebih dekat sekolah ini," kata Wayan.

(Baca juga: Pesan Menteri Anies di Hari Pertama Masuk Sekolah)

 

Kompas TV Ganjar Anjurkan Orangtua Antar Anak ke Sekolah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com