Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandeng Berbobot 6,05 Kg Jadi Juara Kontes di Gresik

Kompas.com - 03/07/2016, 18:31 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Kontes bandeng atau yang biasa dikenal masyarakat Gresik dengan sebutan pasar bandeng pada Sabtu malam (2/7/2016) berakhir indah bagi Arif Rahman Hakim (32).

Bandeng berbobot 6,05 kilogram milik Arif menjadi juara dalam kontes tersebut.

Atas keberhasilan itu, warga Desa Tanjungwidoro, Mengare, Kecamatan Bungah, Gresik, Jawa Timur, teresbut berhak membawa pulang hadiah utama berupa uang tunai senilai Rp 20 juta dari Pemerintah Kabupaten Gresik.

"Bandeng ini saya pelihara sejak enam tahun silam di tambak sendiri dan saat ini beratnya mencapai 6,05 kg," tutur Arif, Minggu (3/7/2016).

Arif menuturkan, ada perlakuan khusus yang ia rahasiakan untuk bandeng juara tersebut. Meski tujuannya bukan untuk lomba, sejak masih benih, bandeng itu disisihkan di tempat yang berbeda dari bandeng lain.

Selain Arif, pemenang lain dalam lomba itu adalah Sirojun Munir (54) di tempat kedua dan Mashudin (48) sebagai pemenang ketiga.

Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Pemkab Gresik Malahatul Fardah, pihaknya juga mengadakan kontes otak-otak bandeng untuk pertama kali dan diikuti oleh seluruh kepala satuan kerja perangkat daerah di lingkungan Pemkab Gresik.

Lomba itu dimenangi oleh tim dari Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan.

Lomba tersebut bertujuan melestarikan makanan khas Gresik, yakni otak-otak bandeng. Kriteria yang digunakan menjadi penilaian pemenang meliputi kreativitas, rasa otak-otak bandeng yang dianggap khas Gresik, serta cara penyajiannya.

(Baca juga Malam Ini Ada Kontes Bandeng di Gresik)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com