Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ngabuburit", Warga Asyik Main Layang-layang di Pelabuhan

Kompas.com - 25/06/2016, 21:52 WIB
Andi Hartik

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com - Banyak cara dilakukan warga untuk membuat ngabuburit menjadi lebih menyenangkan. Salah satunya adalah dengan bermain layang-layang di Pelabuhan Kota Pasuruan.

Di sepanjang muara sungai yang mempertemukan Sungai Gembong dan Selat Madura, puluhan warga berjejer memainkan layang-layang. Rata-rata, layang-layang yang mereka gunakan merupakan jenis layang-layang 'adu' atau layang-layang yang bentuknya standar.

Layang-layang itu dinaikkan ke udara dengan menggunakan benang serit. Lalu beradu satu sama lain. Yang kalah, benangnya akan putus dan layang-layang itu akan lepas.

"Asyik lah sambil menunggu adzan di masjid mas," kata Hasyim, Sabtu (25/6/2016).

Meski tidak setiap hari, Hasyim mengaku sering menggunakan waktu ngabuburitnya dengan bermain layang-layang.

"Kalau lagi tidak ada acara, ke sini," katanya.

Menurut Hasyim, ada kegembiraan tersendiri bermain layang-layang di pelabuhan. Apalagi yang bermain banyak sehingga bisa gampang memilih layang-layang yang mau beradu dengan miliknya.

"Kan berlawanan, tidak sendiri. Siapa yang menang, asyik gitu aja," katanya.

Tidak hanya itu, kegembiraan lainnya adalah saat bermain di pinggir muara sungai, layang-layang yang mereka mainkan berada di atas perahu nelayan yang sedang parkir dengan kondisi langit yang mulai menguning.

"Seneng main layang layang di sini," ucapnya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, pinggiran muara sungai yang ada di Pelabuhan Kota Pasuruan disesaki warga yang bermain layang-layang. Sepintas, layang-layang yang tampak di udara seperti potongan kertas yang ditabur ke atas.

Biasanya, warga, baik anak-anak maupun dewasa mulai berdatangan dari jam 15.00 WIB. Mereka akan meninggalkan pelabuhan sesaat sebelum azan maghrib berkumandang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com