Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Arus Mudik, Nakhoda dan ABK Juga Jalani Tes Urine

Kompas.com - 25/06/2016, 17:30 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Sebanyak 24 anak buah kapal (ABK) Kali Bodri menjalani pemeriksaan tes urine, Sabtu (25/6/2016). Tes urine dilaksanakan oleh satuan lalu lintas (Satlantas ) Polres Kendal bersama Badan Natkotika Nasional Kabupaten (BNNK) di Pelabuhan Tanjung Kendal.

Menurut Kepala BNNK Kendal, Teguh Budi Santosa, tes urine tersebut digelar untuk mendukung kelancaran arus mudik/balik Lebaran 2016. Sehingga keselamatan penumpamg bisa lebih terjamin.

“Nakhoda dan anak buah kapal harus bersih dari penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang,” kata Teguh.

Tidak hanya awak kapal, lanjut Teguh, pihaknya juga akan melakukan tes urine terhadap sopir, kernet, dan penumpang bus yang memasuki wolayh Kabupaten Kendal.

Terkait hal itu, Supervisor Lintasan Kendal ASDP Indonesia Feri Persero Cabang Jepara, Ismet Abdul Manan, mengatakan pihaknya menyambut baik langkah Satlantas Polres Kendal dan BNNK Kendal, yamg melakukan tes urine pada ABK Kali Bodri.

Ismet menambahkan, pihaknya akan menindak tegas para ABK yang terbukti mengonsumsi narkotika dan obat-obatan terlarang.

“Sanksi terberat berupa pemecatan. Sebab membawa penumpang itu sama dengan membawa nyawa orang lain. Jika sampai lalai karena narkoba, berapa banyak nyawa yang akan melayang. Kami tidak main-main dalam memberikan sanksi,'' ungkapnya.

Ismet menjelaskan, kapal mampu membawa 390 penumpang dan 15 kendaraan berat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com