Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkes: Pemudik Motor Harusnya Setiap Empat Jam Istirahat Dulu

Kompas.com - 22/06/2016, 11:43 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com -  Menteri Kesehatan Nila F Moeloek meminta para pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk beristirahat dengan cukup. Hal tersebut guna menjaga pemudik tetap sehat dan fit sehingga mengurangi risiko selama di perjalanan.

"Itu kan capek, bawa isteri, anak dan barang. Harusnya setiap empat jam istirahat dulu," katanya saat mendatangi sejumlah pos kesehatan di Kota Solo pada hari Rabu (22/6/2016).

Menkes juga mengingatkan para petugas posko untuk siaga melayani masyarakat yang sakit, terutama pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Pada kunjungan yang didampingi Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo ke pos kesehatan yang berada di Terminal Tirtonadi, Nila Nila mengimbau kepada para sopir dan kernet angkutan untuk menjaga kesehatan dan harus tetap fit.

Hal tersebut, sebut dia, untuk mengantisipasi kecelakaan di jalan. Secara umum, menurut Nila, persiapan di terminal bus Kota Solo sudah sangat bagus.

Kementrian Kesehatan sendiri akan lebih fokus arus mudik di kawasan Jalur Pantau Utara (Pantura) Jawa.

"Jalur Pantura selama ini rawan kecelakaan, oleh karena itu kita fokus ke posko di Pantura, namun secara umum di semua kawasan di Indonesia, sudah siap menyambut arus mudik tahun ini," kata Nila.

Pada kesempatan itu, Nila juga melihat persiapan posko kesehatan di Stasiun Kereta Api Solo Balapan dan sejumlah Puskesmas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com