Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Rumah Hangus Terbakar di Takengon

Kompas.com - 17/06/2016, 17:07 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia

Penulis

TAKENGON, KOMPAS.com - Kebakaran terjadi di Kampung Wihni Bakong, Kecamatan Silihnara, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, Jumat (17/6/2016). Akibatnya, tujuh rumah hangus terbakar.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah Jauhari mengatakan, kebakaran yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB itu sempat membuat panik masyarakat.

"Keluarga sempat panik, karena sempat disangka ada korban, dan itu adalah anaknya, ternyata sudah pergi bermain. Kita cek di lapangan, tidak ada korban jiwa. Sementara kerugian diperkirakan ratusan juta rupiah," kata Jauhari.

Selanjutnya, tambah dia, BPBD Aceh Tengah bersama Dinas Sosial setempat akan memberikan bantuan secepatnya.

"Kita upayakan bantuan tanggap darurat akan diberikan hari ini, namun jika tidak memungkinkan, kita akan serahkan besok," ujarnya.

Jauhari menyebutkan, banyaknya warga yang menonton justru menjadi kendala untuk memadamkan api. Pantauan Kompas.com. ratusan orang berkumpul menyaksikan peristiwa yang terjadi di pinggir jalan raya yang menghubungkan Kota Takengon dengan Kampung Angkup itu.

"Kendala yang kita hadapi selalu sama, kebanyakan warga yang datang bukan membantu memadamkan api, melainkan hanya menonton, ditambah ada warga yang memarkirkan kendaraan sembarangan, sehingga mobil pemadam kebakaran mengalami kesulitan saat masuk ke lokasi," kata Jauhari.

Sementara itu Suandi, seorang pedagang kelontong yang tinggal di seberang jalan lokasi kebakaran itu menjelaskan, dia sempat melihat api dan asap mengepul dari kamar mandi salah satu rumah yang terbakar tersebut.

"Setelah kelihatan dari kamar mandi rumah itu, api terus membesar, membakar rumah kedua dan seterusnya," ucap dia.

"Baru warga beramai-ramai berupaya memadamkan api,mobil pemadam kebakaran baru datang sekitar 40 menit kemudian," tambah dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com