Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Ingin Tol Bawen-Salatiga Bisa Dilalui Pemudik

Kompas.com - 18/05/2016, 13:13 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SALATIGA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menginginkan jalur tol Semarang-Solo seksi III Bawen-Salatiga bisa dilalui arus mudik pada Lebaran tahun 2016 ini. Namun, pihak pengelola tol ini baru bisa memastikan pada pertengahan Juni ini.

"Yang menginginkan dibuka untuk mudik 2016 ini adalah Presiden dan empat menteri," sebut Direktur Teknik dan Operasi PT Trans Marga Jateng (TMJ), Arie Irianto, Rabu (18/5/2016).

Menurut dia, pesan tersebut disampaikan Jokowi kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo agar pemudik bisa lancar.

"Seandainya diperkenankan oleh pusat, (mungkin) hanya bisa dilalui kendaraan golongan I non bis," tambah dia.

Namun, menurut Arie, pihaknya baru bisa menentukan jalur tersebut bisa dilalui pemudik atau tidak pada pertengahan Juni ini, seiring dengan penyelesaian dua jembatan di jalur tol Semarang-Solo seksi III Bawen-Salatiga.

Dia mengatakan, pembuatan dua titik jembatan itu, yakni Jembatan Kali Tuntang sepanjang 370 meter dan Jembatan Kali Senjoyo dengan panjang sekitar 170 meter ditargetkan akan rampung pada pertengahan bulan Juni ini.

"Fokus kami di dua jembatan tadi. Jadi kalau itu tidak jadi ya tidak bisa dilewati (arus balik)," katanya.

Secara teknis, jembatan Kali Tuntang mempunyai tinggi 55 meter, dengan delapan pilar penyangga. Sedangkan jembatan Kali Senjoyo akan berdiri dengan empat pilar.

PT TMJ sendiri terus mendorong baik dari sisi anggaran, bahan-bahan hingga pekerjanya supaya jembatan itu cepat rampung.

"Akan dievaluasi terus. Bolanya ada di kontraktor, meski hasil rapat dengan konsultan kemarin pagi dari sisi jadwal masih bisa. Hanya saja yang bisa menjawab sebenarnya kontraktor," katanya.

Arie menambahkan, kalaupun dinilai layak untuk dilintasi, nantinya kendaraan pemudik akan diarahkan melalui dua jalur. Yakni jalur beton perkerasan atau rigid pavement dan beton lantai kerja atau wet lean concrete.

Dua lintasan tersebut akan diprioritaskan untuk dikerjakan, agar tidak berdebu saat dilintasi.

Sebelumnya Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menjamin ruas jalan tol sesi III Bawen- Salatiga sudah bisa beroperasi sebelum Lebaran tahun ini kendati belum rampung 100 persen. 

Pembangunan jalan tol tersebut, lanjutnya, sudah dikebut meski ada beberapa titik yang mengalami keterlambatan akibat molornya proses pembebasan lahan.  (baca: Ganjar Jamin Tol Bawen-Salatiga Beroperasi pada Lebaran 2016)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com