Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Lhokseumawe Larang Wanita Merokok di Tempat Terbuka

Kompas.com - 13/05/2016, 05:47 WIB

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Wali Kota Lhokseumawe Provinsi Aceh, Suaidi Yahya, melarang wanita merokok di tempat terbuka dengan alasan tidak sesuai dengan budaya setempat.

Dia mengemukakan, di wilayah Kota Lhokseumawe, mulai ada wanita-wanita muda yang merokok di warung kopi atau cafe. 

"Fenomena tersebut harus dicegah sedini mungkin agar tidak menjadi budaya baru bagi wanita di Lhokseumawe," sebutnya di kompleks Terminal Labi-Labi Lhokseumawe, Kamis (12/5/2016)..

Suadi mengatakan, saat dirinya berada di sebuah warung kopi ada perempuan yang meminjam korek api untuk menyulut rokok. Ia memperkirakan si pemimjam tidak mengenal Wali Kota Lhokseumawe.

Dia mengatakan, tak lazim bagi seorang wanita di Aceh, merokok di tempat umum seperti warung kopi. Oleh karena itu, dirinya sangat mengharapkan kepada pemilik atau pengelola warung kopi atau cafe, untuk melarang wanita merokok pada tempat seperti itu.

"Kepada pengelola warung kopi, agar melarang wanita merokok di tempat terbuka seperti itu. Karena tidak sesuai dengan budaya masyarakat Aceh bagi seorang wanita. Karena jika dibiarkan, lambat laun akan menjadi budaya baru bagi wanita di Aceh," katanya.

Jika wanita perokok benar-benar ingin merokok dia mengatakan  agar hal itu tidak dilakukan di tempat terbuka. "Cari tempat tertutup yang tidak terlihat  umum," ujar Wali Kota Lhokseumawe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com