Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Sweet Seventeen", Ratusan Pelajar Dapat Hadiah E-KTP

Kompas.com - 02/05/2016, 17:07 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Sebanyak 427 pelajar mendapatkan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi, Jawa Barat, Senin (2/5/2016).

Ratusan e-KTP itu diberikan kepada para siswa yang sudah berusia 17 tahun oleh Dinas Kependudukan, dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

"Senang Pak sekarang sudah punya e-KTP, kalau membuat rekening Bank jadi enggak susah," ungkap Veronica (17) pelajar Kelas 11 SMA Mardi Yuana kepada Kompas.com usai menerima e-KTP pada Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lapang Merdeka, Senin (2/5/2016).

Hal senada juga diungkapkan pelajar lainnya yaitu Zubeir Abdul Wahid (17) pelajar Kelas 11 SMA Negeri 4. Dia mendaftarkan diri untuk membuat e-KTP saat petugas mendatangi sekolahnya.

"E-KTP banyak dibutuhkan kalau membuat apa-apa, seperti juga membuat SIM C dan membuka rekening Bank," ujar Zubeir.

Penyerahan e-KTP bagi pemula ini secara simbolis diberikan Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dalam peringatan Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

"Pemberian KTP ini sebagai hadiah sweet seventeen kepada para pelajar yang menginjak usia 17 tahun," kata Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar ihfan kepada Kompas.com.

Menurut Iskandar langkah tersebut juga untuk menjaring para wajib KTP pemula agar memiliki KTP. Makanya dilakukan program jemput bola dengan berkunjung ke sekolah-sekolah.

"Selain itu kami juga memiliki pelayanan mobil keliling untuk menarik minat warga membuat KTP. Seperti membuka stand dalam car free day setiap Minggu," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com