Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiru Selandia Baru, Ridwan Kamil Ingin Bandung Jadi Kota Ramah Film

Kompas.com - 11/04/2016, 19:08 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pekan lalu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengunjungi Selandia Baru untuk menjalin sejumlah langkah kerja sama.

Dari beberapa kerja sama yang dijalin, Ridwan kepincut untuk menerapkan strategi peningkatan sektor pariwisata.

"Mereka sekarang ekonominya tumbuh didominasi oleh pariwisata. Mereka menggunakan film sebagai alat promosi. Nah, itu saya ingin belajar," ucap Emil, sapaan akrabnya, Senin (11/4/2016).

Selandia baru menjadi salah satu destinasi wisata dunia karena kerap menjadi lokasi syuting film ternama, seperti Lord of The Ring, The Hobbit, dan Kingkong.

"Yang kerennya di Selandia Baru itu ternyata alat film dimiliki pemerintah. Jadi orang datang itu tinggal bawa duit dan bawa ide," tuturnya.

Oleh sebab itu, dia menginginkan agar Kota Bandung menjadi kota yang bisa memfasilitasi para pembuat film dengan menyediakan alat dan tempat.

Hal itu diharapkan menjadi contoh yang paling progresif untuk membuat kota ramah film.

"Saya kira ini cocok (diterapkan) di Jawa Barat atau Bandung alat-alat kita siapkan dan sebagainya karena di kita juga banyak spotnya," kata Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com