Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Blokade Akses Jalan Perkebunan Sawit di Nagan Raya

Kompas.com - 10/04/2016, 18:43 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Puluhan warga Desa Cot Rambong, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, Aceh, kembali memblokade akses jalan di areal perkebunan sawit milik PT FB.

Warga merasa perusahaan perkebunan sawit salah satu terbesar di Nagan Raya itu telah merampas tanah Desa Cot Rambong seluas 480 hektar lebih.

"Kami menuntut tanah kami yang telah dirampas oleh perusahaan untuk segera dikembalikan karena sengketa ini sudah berlarut tanpa penyelesaian mulai tahun 1988," kata Cut Aton, seorang warga, kepada wartawan, Minggu (10/04/2016).

Aton mengaku telah berulang kali mendesak pemerintah setempat untuk menyelesaikan sengketa lahan di desa tersebut. Namun, hingga kini warga merasa belum ada resposn dari pemerintah.

Aksi blokadi akses jalan itu dilakukan untuk mempertahankan tanah yang diklaim sebagai warisan nenek monyang mereka.

"Sekarang kami tutup akses jalan, siapa yang berani buka harus berhadapan dengan kami karena kami mempertahankan hak kami yang telah dirampas," kata Aton.

Warga Cot Me, Samsuwir, yang ikut melakukan menutup jalan itu, mengatakan bahwa sejak sengketa lahan ini terjadi, warga mengaku sering diancam dan diintimidasi oleh orang tak dineka.

Pada September 2015, 4 orang warga yang aktif melakukan penolakan telah ditangkap polisi tanpa bukti karena dituduh melakukan pembakaran barak milik PT FB.

"Empat orang yang ditangkap karena dituduh membakar barak itu tidak ada bukti karena saat kejadian mereka berada di rumah masing-masing," kata Samsuwir.

Hingga berita ini ditayangkan, Kompas.com masih mengupayakan konfirmasi dari pihat PT FB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com