Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telusuri Akun Palsu Facebook Gubernur Bali, Polri Minta Bantuan FBI

Kompas.com - 06/04/2016, 10:11 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Kabid Humas Polda Bali Kombes Hery Wiyanto menyampaikan bahwa kepolisian Indonesia bekerja sama dengan Federal Bureau of Investigation (FBI) untuk menelusuri akun Facebook Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang dipalsukan.

"Kita (Polri) sudah meminta kepada FBI, koordinasi secara informal sudah kita lakukan. Saat ini, memang kita masih menunggu hasil dari FBI yang koordinasi dengan server Facebook," kata Hery di Denpasar, Bali, Selasa (5/4/2016).

Menurut Hery, kerja sama Polri dengan badan investigasi utama di Amerika Serikat ini untuk meminta Facebook yang bermarkas di AS bantu menelusuri siapa yang membuat akun palsu Pastika. Kini, pihaknya masih menunggu tindak lanjut dari FBI.

"Sampai saat ini, belum ada perkembangannya. Kita masih menunggu perkembangannya," katanya.

Hery juga menjelaskan bahwa menurut informasi dari FBI di Amerika bahwa Facebook memprioritaskan terlebih dahulu kasus terorisme dan pornografi. Namun, Polri sudah meminta kepada FBI dengan penjelasan bahwa kasus yang menyangkut SARA juga mengkhawatirkan dan perlu dipertimbangkan lebih cepat lagi untuk mencegah terjadinya konflik di Bali.

Akun Facebook Gubernur Pastika dipalsukan seseorang pada Jumat, 11 Maret 2016. Kasus ini langsung dilaporkan ke Polda Bali yang diwakili oleh Humas Pemprov Bali.

Ada beberapa tulisan yang dinilai SARA terkait perayaan Nyepi. Tulisan lainnya salah satunya adalah, "Reklamasi akan tetap berjalan karena sudah saya setujui dan uang gratifikasi sudah saya terima 500 miliar lumayan untuk pensiun".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com