Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung SD Rusak Diterjang Banjir, Puluhan Siswa Tak Bisa Sekolah

Kompas.com - 05/04/2016, 13:26 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Ratusan siswa sekolah dasar (SD) di Dusun Jawa Sakti, Desa Soleh, Kecamatan Waisala, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku, tidak bisa bersekolah setelah bangunan sekolah mereka rusak diterjang banjir.

Selain bangunan sekolah yang rusak, para siswa juga tidak dapat bersekolah lantaran tidak memiliki seragam dan buku. Saat ini, mereka hanya bisa bermain di lokasi pengungsian di desa Seoleh.

“Tidak ada yang sekolah, bagaimana mau sekolah gedung sekolahnya ikut rusak selain itu banyak siswa yang kehilangan seragam saat banjir,” kata Muhamad saat dihubungi dari Ambon, Selasa (5/4/2016).

Khusus untuk siswa kelas enam SD, dia mengatakan mereka terpaksa mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS) tanpa baju seragam dan sepatu di Desa Soleh.

Menurut dia, saat ini, para siswa sangat membutuhkan perhaian pemerintah setempat.

“Kalau siswa kelas enam, mereka gabung ikut UAS dengan siswa di Soleh. Mereka datang tanpa seragam dan sepatu sekolah, jadi kalau bisa pemerintah bisa melihat masalah ini juga,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, musibah banjir bandang dan tanah longsor yang menerjang dusun tersebut pada hari Minggu malam menyebabkan 125 rumah warga rusak.

(Baca juga: Banjir Bandang di Seram Barat, 125 Rumah Rusak )

Selain itu, sejumlah fasilitas umum lainnya, seperti gedung sekolah, puskesmas pembantu dan rumah ibadah, juga rusak dalam musibah tersebut.

Akibat musibah itu, lebih dari 600 warga dusun terpaksa mengungsi ke tempat yang aman dengan cara membangun tenda-tenda darurat. Sebagian warga lain terpaksa tinggal di rumah-rumah kerabat mereka di Desa Soleh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com