Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Urunan" Laptop hingga Sayur Lodeh untuk Jogja Independent

Kompas.com - 31/03/2016, 07:07 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Nama Jogja Independent (Joint) serentak mengemuka jelang Pilkada 2017. Seperti halnya Teman Ahok di Jakarta, Jogja Independent juga mendapatkan dana operasional dari sistem "urunan"  alias sumbangan.

Tak hanya uang, ada juga yang menyumbangkan komputer sampai sampai sayur lodeh lengkap dengan lauknya untuk konsumsi relawan di sekretariat Joint.

"Sejauh ini untuk dana operasional Joint dan sekretariat kami urunan," ujar Yustina Neni Koordinator Sekretariat Joint, saat ditemui Kompas.com Rabu (30/03/2016).

Neni menuturkan, semua orang memberikan seikhlasnya dalam bentuk apapun, mulai komputer, laptop, ataupun kertas. Ada juga yang membantu dalam bentuk uang tunai.

"Intinya urunan seikhlasnya dan terbuka. Hanya yang digarisbawahi asal tidak ada kepentingan, kita tetap menjaga independensi," tegasnya.

Selain uang, lanjutnya juga ada yang menyumbang konsumsi. Misalnya hari ini, untuk konsumsi para relawan yang berjaga ada sumbangan sayur lodeh lengkap dengan lauknya.

"Itu, sayur lodeh juga sumbangan. Relawan kan juga butuh makan, dari pada beli makan sayur lodeh," urainya.

Koordinator bagian urunan Joint, Rifqi Fauzi mengatakan, sampai dengan saat ini jumlah uang sumbangan yang diterima mencapai Rp 8 juta. Uang tersebut, ucap dia, berasal dari beberapa warga Yogyakarta.

"Untuk pengalangan akan kita sebar melalui media yang kita punya, seperti web," ujarnya.

Menurut dia,  nantinya uang dari sumbangan yang digunakan akan tetap dilaporkan secara transparan. Laporan keuangan akan diunggah melalui web Joint.

"Kita tetap akan transparan dalam laporan keuangan sebagai pertanggungjawaban. Informasi soal kegiatan Joint dan termasuk laporan keuangan akan kita unggah di web," sebutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com