Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nilai Peserta UN Hampir Sama, Soal Diduga Bocor

Kompas.com - 24/03/2016, 12:56 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com — Tim ujian nasional (UN) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menilai, tingkat kejujuran dalam pelaksanaan UN di Sulawesi Selatan terendah se-Indonesia.

Pernyataan itu diungkapkan Sekretaris Panitia UN Sulawesi Selatan (Sulsel), A Salam Soba, saat ditemui seusai memantau pendistribusian naskah UN di gudang yang berada di Jalan Parumpa, Kamis (24/2/2016).

"Tingkat kejujuran dalam pelaksanaan UN di Sulsel sangat rendah. Bahkan, Sulsel dikalahkan dengan Nusa Tenggara Timur (NTT) yang tingkat kejujurannya tinggi," katanya.

Salam mengungkapkan, penilaian itu dilihat saat ujian. Semua hasil nilai peserta UN hampir sama. Hal ini menunjukkan bahwa ada indikator bahwa soal bocor sebelum naskah ujian dibagikan kepada peserta ujian.

"Dalam UN, kertas lembar kerja, kalau benar, benar semua. Kalau salah, salah semua. Begitu juga rapor, hampir semua nilainya sama. Itu kan seharusnya tidak diubah, apalagi nilai siswa tinggi-tinggi semua. Contoh siswa A dan B, sama semua nilainya," bebernya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com