Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Bagikan "Kartu Sakti" di Pedalaman Sanggau

Kompas.com - 22/03/2016, 17:53 WIB

SANGGAU, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo membagikan kartu "sakti", yakni Kartu Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB), Kartu Asistensi Sosial Lanjut Usia (ASLUT), dan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Pedalaman Tayan Hilir, Sanggau, Kalimantan Barat, Selasa (22/3/2016).

Setelah meresmikan Jembatan Pak Kasih, Tayan, Sanggau, Kalbar, Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyerahkan kartu "sakti" dan bantuan sosial kepada masyarakat di wilayah itu.

Seperti dikutip Antara, penyerahan dilakukan di SDN 21 Piasak, Dusun Piasak, Desa Pedalaman, Kecamatan Tayan Hilir, Sanggau.

"Saya titip saja kepada Bapak Ibu semuanya, kartu yang sudah diberikan kemudian bantuan sosial yang sudah diberikan agar dimanfaatkan betul-betul sesuai dengan kebutuhan," kata Jokowi.

Presiden berpesan, agar kartu dan bantuan sosial jangan digunakan untuk kepentingan lain yang tidak sesuai dengan tujuan awal.

"Jangan dipakai untuk lain-lain yang aneh-aneh, misalnya, beli pulsa enggak boleh, untuk misalnya perawatan anak," ujar Jokowi.

Pada kesempatan itu, Presiden berdialog sekaligus membagikan sepeda kepada anak sekolah dan masyarakat dengan terlebih dahulu menjawab pertanyaan sederhana yang diajukan Presiden.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa pada kesempatan yang sama melaporkan bantuan sosial di Kabupaten Sanggau yang diberikan kepada masyarakat jumlah totalnya mencapai Rp 17,878 miliar.

Rinciannya, dari PKH Rp 2,49 miliar, kartu disabilitas Rp 486 juta, kartu lanjut usia Rp 180 juta, dan beras sejahtera Rp 14,7 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com