Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antara Mendung dan Gerhana, Pontianak Sempat Terasa Gelap

Kompas.com - 09/03/2016, 14:56 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com — Suasana di Kota Pontianak sempat terasa gelap saat fenomena gerhana matahari yang terjadi pada Rabu (9/3/2016) pagi tadi. Dengan awan mendung menyelimuti, suasana gelap itu masih bisa dirasakan.

Diperkirakan puncak gerhana yang terjadi di Pontianak terjadi pada pukul 07.27 WIB. Gerhana mulai menyentuh pada pukul 06.23 dan puncaknya terjadi pada 07.27 WIB.

"Sempat terasa gelap saat puncak gerhana tadi," kata Iskandar Bakri, petugas Fungsional Perekayasa Muda Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan), Rabu.

Iskandar menambahkan, momen yang sama pernah terjadi pada 1983. Momen tersebut akan terjadi lagi pada tahun depan, tetapi di wilayah Amerika Serikat.

Dalam fenomena gerhana matahari yang terjadi hari ini, Lapan bekerja sama dengan Pemkot Pontianak menyediakan tempat pengamatan di dua lokasi berbeda, yaitu di Kantor Lapan dan Masjid Mujahidin.

"Tadi dari subuh kita sudah siap di sini, pasang alat dan persiapan lainnya," kata Iskandar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com