Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Sabu 1,6 Kg dari Malaysia, TKW Mengaku Dititipi Teman

Kompas.com - 07/03/2016, 13:27 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - NH (35), tenaga kerja wanita (TKW) asal Sampang, Madura, Jawa Timur, diamankan petugas Bea Cukai Bandara Internasional Juanda Surabaya, 27 Februari lalu karena membawa sabu. Namun, dia membantah bahwa barang tersebut adalah miliknya.

Kepada petugas, NH mengaku dititipi seorang teman. Kanit IV Subdit I, Direktorat Narkoba, Polda Jatim, Kompol Dwi Rusdiansyah, mengatakan, dari pengakuan NH, pihaknya kini tengah mengembangkan penyelidikan, termasuk kepada siapa sabu seberat 1,6 kilogram itu akan diberikan. 

"NH mengaku tidak tahu apa-apa soal sabu-sabu itu, dia hanya dititipi seorang teman yang ada di Malaysia untuk dibawa ke Madura," katanya, Senin (7/3/2016).

NH, lanjut Dwi, adalah TKW yang bekerja sebagai pembantu di Malaysia sejak tahun 2004. Dia sedang pulang ke Indonesia untuk mengurus administrasi perceraian.

"Suaminya juga TKI, tapi dokumen perceraiannya harus diurus di Indonesia," ungkapnya.

(Baca juga: Mudik, TKW Selundupkan Sabu 1,6 Kilo dari Malaysia) 

Sabu tersebut ditemukan petugas di dalam kemasan berbentuk persegi panjang di bawah alas tas warna hitam milik NH.

NH diamankan di terminal kedatangan internasional Bandara Juanda. Dia terbang dari Kuala Lumpur Malaysia dengan pesawat Air Asia bernomor penerbangan AK-362.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com