Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kehabisan Uang, Siswa SMP Nekat Curi Mobil

Kompas.com - 19/02/2016, 05:11 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Seorang pelajar kelas 2 SMP, berinisial MF (13) ditangkap Unit Jatanras Polresta Samarinda, lantaran tertangkap tangan ketika hendak mencuri sebuah mobil.

MF yang sudah mahir menyetir mobil ini, akan mencuri sebuah pick up di Jalan Kinibalu Samarinda bersama dengan dua rekannya. Namun aksi pencurian tersebut gagal, lantaran kedapatan oleh si pemilik mobil. MF berhasil ditangkap, sementara dua rekannya berhasil kabur.

Kepada polisi, MF mengaku sudah mahir mengendarai mobil sejak kelas 6 SD. Dia ingin mencuri mobil tersebut, lantaran kunci kontak masih menempel di dalam mobil.

“Saya dan dua teman saya itu kabur dari pesantren, kami berencana mencuri mobil karena terpaksa. Di Samarinda ini kami tidur di halte, kalau makan kami beli dengan sisa uang saja,” kata MF, Kamis  (18/2/2016).

MF beserta dua rekannya sudah masuk ke dalam mobil dan mengendarainya. Tapi si pemilik mobil mengejarnya dengan cepat dan akhirnya tertangkap. Beruntung tidak menjadi bulan-bulanan warga, MF kemudian diantar ke Mapolresta Samarinda.

Dari pengakuan MF, mereka berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sejak Rabu (10/2/2016).

“Tidak ada keluarga di Samarinda ini. Tapi kami sudah kehabisan uang, rencananya mobil itu mau kami bawa ke Banjarmasin lalu dijual di sana. Ya sekalian pulang ke rumah,” sebutnya.

Meski demikian, Kasubnit 1 Unit Jatanras Polresta Samarinda, IPDA Kawan mengatakan, MF masih belum bisa dijatuhi hukuman lantaran korban belum melapor ke Mapolres.

“Korban belum melaporkan tentang kasus ini. Jadi MF belum dijatuhi pasal apapun,” kata dia.

Nantinya, lanjut dia, jika korban tidak juga melapor maka MF kemungkinan besar akan dikembalikan ke rumah orangtuanya di Banjarmasin.

“Kalau korban tidak melapor dalam 1 x 24 jam, maka bocah ini akan kami pulangkan ke rumah orangtuanya di Banjar,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com