Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intensitas Hujan Tinggi, Gunungkidul Siaga Longsor

Kompas.com - 15/02/2016, 15:00 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul per 15 Februari 2016 hingga akhir Bulan Maret menetapkan siaga bencana tanah longsor.

Berdasarkan data, ada sekitar enam kecamatan di Gunungkidul yang terdeteksi memiliki potensi rawan tanah longsor.

"Per 15 Februari kita menentapkan siaga bencana tanah longsor di Gunungkidul. Penetapan siaga ini sampai akhir bulan Maret mendatang," ujar Kepala pelaksana BPBD Gunungkidul Budhi Harjo, Senin (15/02/2016).

Budhi menuturkan, selama musim penghujan ini, di beberapa wilayah di Kabupaten Gunungkidul telah terjadi tanah longsor. Peristiwa tanah longsor terjadi di Desa Beji, Desa Hargomulyo, dan Desa Tegalrejo.

"Intensitas hujan dalam beberapa hari terakhir memang cukup tinggi, ini yang juga menjadi pertimbangan. Kita siagakan personil BPBD selama 24 jam full," ujarnya.

Sementara untuk wilayah rawan tanah longsor di Kabupaten Gunungkidul berdasarkan pendataan ada 6 kecamatan di Gunungkidul yang rawan longsor meliputi, Ponjong, Nglipar, Semin, Ngawen, Patuk dan Gedangsari.

Guna melakukan langkah antisipasi, lanjutnya pihaknya telah mengirimkan surat ke setiap kecamatan untuk meningkatkan kewaspadaan. Terutama ketika intensitas hujan turun cukup tinggi diwilayahnya.

"Setiap kecamatan sudah kita berikan surat peringatan agar mewaspadai tanah longsor," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com