Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru di Daerah Diminta Kerjasama dengan Pemerintah Bangun Pendidikan Bermutu

Kompas.com - 30/01/2016, 22:18 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Sulistiyo meminta kepada seluruh pengurus di tingkat daerah untuk dapat memajukan dunia pendidikan dengan terus meningkatkan kualitas dan kompetensi guru.

“Saya intruksikan kepada seluruh pengurus Provinsi dan kabupaten/kota agar untuk terus membantu pemerintah daerah membangun pendidikan yang bermutu,” kata Sulistiyo saat meyampaikan sambutannya dalam acara pembukaan Konkernas III PGRI di Gedung Islamic Centre Ambon, Jumat (29/1/2016) malam.

Acara ini dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Gubernur Maluku Said Assagaff, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, dan ratusan guru. (Baca: Isu Kesejahteraan Guru Mengemuka di Konkernas PGRI )

Menurut Sulistiyo, untuk membangun dunia pendidikan yang bermutu di setiap daerah, maka PGRI perlu meningkatkan sinergi dengan pemerintah.

“Penegasan komitmen untuk membantu pemerintah dan pemerintah daerah itu penting saya ulangi karena saat ini banyak sekali persoalan pendidikan dan guru yang perlu memperoleh perhatian kita bersama,” ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Sulistiyo juga mengajak para guru untuk selalu berusaha mewujudkan inti pokok perjuangan para guru, yakni profesional, sejahtera, dan terlindungi.

Karena itu, ia menekankan perlunya menjaga keseimbangan antara peningakatan profesionalisme dan kesejahteraan guru. (Baca: Perlu Ada Persyaratan Khusus untuk Jadi Guru)

"Tidak benar jika PGRI hanya memperjuangkan kesejahteraan dan hak guru saja. Sebaliknya, tidak tepat juga jika hanya mengharap peningkatan kesejahteraan dengan tidak meperhatikan kualitas profesionalismenya,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com