Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Lumpur Sempat Lumpuhkan Lalu Lintas di Pantura

Kompas.com - 26/01/2016, 09:46 WIB
SITUBONDO, KOMPAS.com - Hujan yang mengguyur selama kurang lebih tiga jam di wilayah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Senin sore mengakibatkan banjir lumpur dan material batu kecil sempat menutup dan melumpuhkan jalan raya pantura, Senin (25/1/2016).

Ipung Puryono, salah satu personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo mengatakan banjir lumpur dan material batu kecil ini berasal dari perbukitan Gunung Putri di Desa Klatakan, KecamatanKendit, Situbondo.

Akibat lumpur dan material batu menutup badan jalan raya, arus lalu lintas macet dari arah Surabaya ke Banyuwangi dan sebaliknya hingga mencapai satu kilo meter lebih.

BPBD sendiri setelah mendapatkan informasi tersebut langsung menerjunkan personelnya ke lokasi banjir untuk membersihkan material yang menutup badan jalan.

"Kami bersama petugas dari Satpol PP dan kepolisian lalu lintas bersama-sama membersihkan lumpur dan material batu kecil. Material lumpur dan batu mencapai hampir dua sentimeter," katanya.

Pada Senin malam, arus lalu lintas bisa dilalui dengan pola bergantian atau buka tutup karena separuh jalan masih berlumpur.

Hingga sekitar pukul 22.00 WIB, sejumlah anggota BPBD dan petugas kepolisian lalu lintas serta Satpol PP masih membersihkan lumpur di jalur yang dalam beberapa tahun ini selalu dilanda banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com