Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Depan, 1.500 Bekas Anggota Gafatar Tiba di Semarang

Kompas.com - 20/01/2016, 18:16 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com- Imbas pembakaran kampung permukiman Gafatar di Mempawah, Kalimantan Barat, banyak bekas anggota organisasi tersebut yang memilih pulang ke kampung halamannya.

Kabid Humad Polda Jateng, Kombes Pol Liliek Darmanto mengatakan, dari seluruh pengikut Gafatar yang akan dipulangkan, lebih dari 1.500 orang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta.

"Khusus di Jateng dan DIY diperkirakan 1.500 orang lebih. Itu termasuk bapak, ibu dan anaknya sekaligus," kata Liliek di Mapolda Jateng, Rabu (20/1/2016).

Para eks anggota Gafatar ini akan diangkut menggunakan tiga kapal milik TNI dari Pontianak, Kalimantan Barat menuju ke Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang.

Diperkirakan, 1.500-an mantan anggota Gafatar ini akan tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Kota Semarang pada Rabu (27/1/2016).

Kedatangan mantan anggota Gafatar itu menurut Liliek membawa dampak pengamanan yang luar biasa.

"Kegiatan pengamanan ini luar biasa, teknis pengamanannya akan dirapatkan dengan pihak terkait lintas sektoral di Kota Semarang," katanya.

Rapat lintas sektoral terkait pengamanan kedatangan mantan anggota Gafatar itu akan dilaksanakan di Balaikota Semarang dan diikuti Polri, TNI, Bea Cukai, Kesbangpol Linmas dan institusi lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com