Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Area Pencarian 10 Korban "Speedboat" Diperluas hingga 3 Kilometer

Kompas.com - 14/12/2015, 16:52 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

KUBU RAYA, KOMPAS.com - Areal pencarian korban musibah speed boat yang terbalik di Perairan Olak-olak Pinang, Desa Kampung Baru, Kecamatan Kubu, Kubu Raya diperluas.

Kepala Kantor SAR Pontianak Slamet Riyadi mengatakan dari lokasi kejadian, pencarian diperluas menjadi tiga kilometer.

"Pencarian diperluas dari lokasi kejadian sejauh tiga kilometer" kata Riyadi, Senin (14/12/2015).

Pencarian dilakukan Basarnas bersama Polisi Perairan, TNI, dan sejumlah instansi lainnya. Pola pencarian korban dilakukan dengan cara menyisir area sungai menuju ke arah hilir.

"Kita tidak mungkin melakukan pencarian dengan penyelaman karena jarak pandang nol. Pasang jaring juga tidak memungkinkan karena itu jalur transportasi umum" kata dia.

Hingga sore hari, belum terlihat hasil pencarian. Suasana posko SAR di Pelabuhan Rasau dipenuhi oleh sejumlah petugas maupun warga yang menanti kabar.

Peristiwa terbaliknya speed boat Indo Kapuas jurusan Padang Tikar-Rasau Jaya terjadi setelah menabrak potongan kayu dipermukaan sungai, Minggu (13/12/2015) sekitar pukul 09.00 pagi.

Berdasarkan data yang dirilis Kantor SAR Pontianak, speed boat tersebut mengangut sebanyak 53 orang penumpang. Jumlah tersebut melebihi kapasitas seharunya yang hanya 40 orang.

Empat orang dinyatakan meninggal dunia dalam peristiwa tersebut, sedangkan 39 orang berhasil selamat.

Sementara itu, 10 orang lainnya hingga Senin (14/12/2015) siang ini belum ditemukan dan masih dalam proses pencarian. Kondisi cuaca yang buruk disertai arus sungai yang kencang sedikit menyulitkan pencarian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com