Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda: Pelaksanaan 21 Pilkada di Jateng Tertib dan Lancar

Kompas.com - 09/12/2015, 18:06 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Nur Ali mengklaim proses pelaksanaan Pilkada Serentak di 21 daerah yang ada di Jawa Tengah secara umum berlangsung dalam suasana tanpa gejolak.

Khusus Kabupaten Boyolali yang sebelumnya sempat memanas, ternyata dapat melaksanakan tahapan pemungutan suara dengan tertib dan lancar.

"Mudah-mudahan situasi ini dapat berlangsung hingga tahap berikutnya," kata Nur Ali, di Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu (9/12/2015).

Meski begitu, lanjut Nur Ali, aparat kepolisian tidak boleh lengah.

Antisipasi terhadap berbagai kemungkinan munculnya gejolak terkait pilkada di Kabupaten Boyolali harus terus ditingkatkan.

Hasil pemantauan dari satuan wilayah, kondisi Kabupaten Boyolali tetap terkendali dan masyarakatnya dapat melaksanakan proses pemungutan suara di TPS dengan lancar.

Sementara itu Kapolres Semarang AKBP Latif Usman mengungkapkan bahwa keamanan menjadi perhatian utama menyusul banyak potensi gesekan. Ini termasuk di wilayah Kabupaten Semarang.

Khusus wilayah Kabupaten Semarang, ujar Latif, keamanan mendapatkan dukungan pasukan dari Polda Jawa Tengah sebanyak 4 peleton.

Bantuan keamanan itu ditempatkan di sejumlah titik.

"Ada dua peleton Dalmas Polda, satu peleton Tegal Kota, 1 pleton dari Salatiga yang standby di Ungaran. Tapi sejauh ini masih kita optimalkan anggota kita," ujar Kapolres.

Pelaksanaan pilkada serentak di Jawa Tengah dilaksanakan di Kota Pekalongan, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Magelang, Kabupaten Semarang, Rembang.

Selain itu, juga di Purbalingga, Kebumen, Boyolali, Kendal, Sukoharjo, Purworejo, Wonosobo, Wonogiri, Klaten, Blora, Grobogan, Sragen, Demak, Pekalongan dan Kabupaten Pemalang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com