Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Paslon Wali Kota Deklarasi Magelang Patuh Pajak

Kompas.com - 01/12/2015, 20:57 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Tiga pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang 2015 melakukan deklarasi "Magelang Patuh Pajak".

Deklarasi ini sebagai wujud komitmen mereka untuk patuh pajak. Deklarasi dilakukan bersama KPU Kota Magelang dan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Magelang, Selasa (1/12/2015).

“Dengan rahmat Tuhan YME, kami pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang periode 2016-2021 dengan ini mendeklarasikan bahwa akan mewujudkan Magelang Patuh Pajak,” ujar ketiga paslon bersama-sama.

Menurut Kepala KPP Pratama Magelang, Agustinus Dicky Haryadi mengatakan, deklarasi bertujuan membuat komitmen dengan calon pemegang kekuasaan eksekutif untuk mengelola uang pajak secara baik.

"Kita mempunyai tanggungjawab yang besar atas pengelolaan uang pajak. Pajak yang terhimpun dalam APBD setiap tahun harus dirasakan masyarakat dalam bentuk ketersediaan fasilitas publik yang memadai," ujar Dicky.

Dicky mengemukakan, deklarasi ini adalah langkah awal upaya meningkatkan kepatuhan pajak, sekaligus merintis kerja sama dalam rangka meningkatkan kapasitas fiskal (anggaran) Kota Magelang.

Kapasitas fiskal itu sendiri, kata Dicky, sangat diperlukan untuk memperbesar kemanfaatan dana APBD bagi masyarakat.

"Hal ini dapat dicapai melalui peningkatan PAD dan penghasilan lain-lain maupun peningkatan dana perimbangan dari pemerintah pusat," tambah dia.

Adapun peningkatan dana perimbangan antara lain melalui peningkatan Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak Penghasilan Orang Pribadi (PPh OP) dan Pajak Penghasilan Pasal 21 (PPh atas gaji karyawan).

"Semakin tinggi tingkat kepatuhan pajak, semakin besar pajak yang dikumpulkan dan berdampak pada makin besarnya sisi penerimaan APBD," Dicky menegaskan.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto Amron menyambut baik deklarasi Magelang Patuh Pajak ini. Deklarasi ini sekaligus sebagai sosialisai pilkada kepada masyarakat.

"Ini baik ya, kami harap setelah terpilih nanti (paslon) bisa mengajak masyarakat untuk patuh membayar pajak, dan melihat sejauh mana komitmen mereka untuk patuh pajak, ” kata Basmar.

Tiga paslon yang akan bertarung di Pilkada Kota Magelang 2015 adalah Sigit-Windarti dari PDIP, Moch Haryanto-Agus dari PKB dan Demokrat dan Joko-Priyo dari jalur perseorangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com