Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Berharap Pilkada Kota Magelang Jadi Hiburan Rakyat

Kompas.com - 27/08/2015, 19:38 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Kampanye calon kepala daerah diharapkan menjadi ajang sosialiasi yang menyenangkan bagi masyarakat, bukan hal yang justru mengganggu ketertiban umum. Hal itu diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang, Basmar Perianto Amron, sebelum membuka pawai simpatik calon wali kota dan wakil wali kota Magelang, Kamis (27/8/2015).

"Saya harap tahapan kampanye pada Pilkada kali ini menjadi ajang hiburan masyarakat. Kalau di televisi ada infotainmen, maka mari kita bikin kampanye pilkada ini jadi 'kampanyetainmen'," kata Basmar.

Oleh karena itu, seluruh penyelenggara pilkada, mulai dari KPU hingga tim kampanye masing-masing calon wali kota dan wakil wali kota dan pendukungnya diperbolehkan menyelenggarakan beragam hiburan pada saat kampanye dengan kemasan yang menarik minat masyarakat.

"Kampanye boleh dikemas melalui kegiatan bakti sosial, turnamen olahraga, kunjungan ke pasar, perayaan ulah tahun, dan lainnya," kata mantan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Magelang itu.

Hanya saja, kata Basmar, segala batasan kampanye harus tetap diindahkan oleh tim kampanye dan pendukung masing-masing calon. Seperti menaati peraturan lalu lintas, tidak bersifat anarkistis dan menjaga ketertiban umum.

"Silakan berkampanye dengan kemasan yang menarik, tapi tetap tertib menjaga nama baik dan kehormatan masing-masing calon. Kalau tidak tertib, maka berdampak pada calon yang diusung. Masyarakat yang akan menilai," kata Basmar.

Pihaknya juga berharap kepada seluruh calon untuk berkompetisi dengan sehat, jujur dan adil selama masa kampanye yang diselenggarakan mulai 27 Agustus-5 Desember 2015 mendatang. KPU Kota Magelang memperkenalkan tiga pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota Magelang dalam Pilkada 2015 kepada masyarakat luas, Kamis siang. Perkenalan melalui pawai simpatik itu diikuti ketiga paslon beserta beberapa tim suksesnya.

“Karena bersifat simpatik, kami tidak perkenankan calon untuk orasi dan mengerahkan banyak massa pendukung. Kami batasi hanya satu mobil terbuka untuk calon, empat mobil roda empat serta 10 roda dua untuk pendukung,” tambah Komisioner KPU Kota Magelang Divisi Sosialiasi, Singging Hardjanto.

Pawai simpatik ini menyusuri jalanan Kota Magelang yang dimulai dari alun-alun menuju ke arah selatan hingga Pasar Gotong Royong dan berbelok ke barat arah Kampung Karet serta menuju utara sampai pertigaan Kupatan dan kembali ke arah alun-alun.

Pilkada Kota Magelang diikuti oleh tiga pasangan calon, yakni pasangan petahana Sigit Widyonindito-Windarti Agustina (Si Winner!) yang diusung PDI-P dan Gerindra; Muh Haryanto-Agus Susatyo (Harus Bangkit) yang diusung Partai Demokrat dan PKB dan; Joko Prasetyo-Priyo Waspodo (Segoro Joyo) dari jalur perseorangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com