Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polsek Pelabuhan Ambon Musnahkan Ribuan Liter Miras

Kompas.com - 15/10/2015, 21:01 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Kepolisian Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) bersama Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ambon memusnahkan sebanyak 1.814 liter minuman keras jenis sopi, Kamis (15/10/2015).

Ribuan liter minuman keras tradisional tersebut dimusnahkan dengan cara dibuang ke laut dari atas dermaga pelabuhan Yos Sudarso. Ribuan liter sopi yang dimusnahkan itu merupakan hasil razia aparat Kepolisian dan anggota Marinir TNI AL di atas sejumlah kapal yang bersandar di Pelabuhan Yos Sudarso sepanjang September lalu.

Kapolsek Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, AKP Irvan Reza usai pemusnahan sopi mengatakan pemusnahan ribuan liter sopi itu berkat kerjasama pihaknya dengan aparat TNI dan juga KSOP Ambon,“Jadi ribuan miras yang kita dapatkan ini tidak terlepas dari kerjasama dengan rekan-rekan kita di TNI,” ujarnya.

Menurutnya, razia yang dilakukan ini tidak hanya dengan memeriksa seisi ruangan setiap kapal yang masuk, namun juga saat kapal masih berada di laut. Dia menambahkan, razia dilakukan sebelum kapal merapat di pelabuhan sebab biasanya pengedar sopi kerap mengambil minuman itu dengan menggunakan speed boat sebelum kapal sandar di pelabuhan.

“Bahkan ada yang buang gen-gen sopi lewat speed boat yang mereka pakai. Razia bukan saja untuk sopi, tapi kalau kedapatan pemabuk, maka akan kita amankan untuk melakukan pembinaan,” katanya.

Kepala KSOP Pelabuhan Yos Sudarso, Abdul Muis Marasabessy mengatakan, kegiatan pemusnahan sopi dilakukan agar muncul efek jera bagi para pengedar miras sehingga ke depan tidak lagi mengedarkan minuman memabukkan tersebut.

“Ini kan diekspos agar ke depan nanti pihak-pihak yang mengkonsumsi miras ini tidak lagi mencoba-coba membawanya masuk dari luar Ambon,” ungkapnya kepada wartawan usai pemusnahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com