Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Ambon Padati Pembukaan Pesparawi Nasional

Kompas.com - 06/10/2015, 19:16 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Lebih dari 20.000 warga Kota Ambon mulai memadati Stadion Mandala Karang Panjang, Ambon, tempat berlangsungnya pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke-11 tingkat nasional, Selasa (6/10/2015) malam.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lapangan, ribuan tamu undangan ini mulai memadati stadion tersebut sejak sore tadi. Tampak juga sejumlah pejabat daerah, seperti Wagub Maluku Zeth Sahuburua dan sejumlah pejabat lainnya, telah berada di panggung utama lokasi pembukaan Pesparawi.

Selain para tamu undangan, sebanyak 8.000 peserta dari seluruh Indonesia juga telah berada di Stadion Mandala Karang Panjang. Banyaknya warga dan tamu undangan yang hadir membuat stadion terasa sesak. Hingga berita ini diunggah, pembukaan Pesparawi oleh Presiden Joko Widodo belum dilakukan.

Meski demikian, suasana Pesparawi sangat terasa di lokasi pembukaan. Berbagai lagu gerejawi dan tarian serta puji-pujian hingga kini masih terus dikumandangkan. Sesekali ribuan warga yang memadati stadion bersorak sorai setelah sejumlah lagu asal daerah Maluku dibawakan.

Suasana di dalam stadion juga dirancang khusus dengan sistem pencahayaan yang canggih. Hal itu membuat suasana stadion tampak gemerlap dengan kemilau warna-warni cahaya. Sementara di luar stadion, ribuan warga juga tampak berdesak-desakan.

Untuk mengamankan jalannya pembukaan Pesparawi ini, ribuan personel TNI dan Polri berjaga di berbagai sudut stadion hingga di dalam stadion tempat berlangsungnya pembukaan acara. Ribuan warga dan undangan yang memasuki stadion bahkan harus menjalani pemeriksaan ketat. Berbagai barang bawaan juga diperiksa dan setiap orang harus melewati metal detector sebelum masuk ke dalam stadion.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com