Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Keselamatan Wisatawan, Jip Bromo Akan Dirazia

Kompas.com - 02/10/2015, 14:59 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis

PROBOLINGGO, KOMPAS.com — Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo akan menertibkan jip-jip angkutan wisata Gunung Bromo, Jawa Timur. Hal itu dilakukan untuk memastikan keselamatan wisatawan yang akan berwisata di Bromo.

Menurut catatan, tiga bulan menjelang akhir tahun, sekitar 600 jip wisatawan itu belum melaksanakan uji kir. Kepala Dishub Doddy Nur Baskoro mengungkapkan, hingga saat ini, pihaknya belum menerima laporan soal uji jip-jip Bromo.

"Uji kir sendiri merupakan kewajiban pemilik kendaraan, baik angkutan umum maupun mobil penumpang. Hal itu dilakukan agar kendaraan yang beroperasi tidak membahayakan keselamatan pengendara dan para penumpang," kata Doddy, Jumat (2/10/2015).

Doddy menambahkan, Bromo merupakan obyek wisata kelas dunia sehingga tak hanya didatangi wisatawan dalam negeri, tetapi juga dari mancanegara.

"Begitu juga angkutan wisata seperti jip di wisata Gunung Bromo, apalagi mereka tidak hanya mengangkut wisatawan lokal, tetapi juga mengangkut wisatawan mancanegara. Kalau misalnya ada apa-apa karena kendaraan yang tidak layak, tidak hanya Probolinggo yang kena, tetapi juga Indonesia. Gunung Bromo obyek wisata kelas dunia," kata Doddy.

Doddy mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai cara untuk mendorong agar pemilik jip di Kecamatan Sukapura melakukan uji kir. Cara tersebut misalnya dengan memberikan sosialisasi dan menawarkan keringanan kepada mereka.

Selain demi keselamatan wisawatan, Pemkab Probolinggo juga ingin meraup pendapatan asli daerah (PAD) yang bersumber dari uji kir tersebut.

Menurut Doddy, untuk merazia jip wisata, pihaknya akan menggandeng Satuan Lalu Lintas Polres Probolinggo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com