Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 Hektar Lahan Hutan di 7 Kabupaten di Sulsel Terbakar

Kompas.com - 15/09/2015, 12:22 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com — Lahan hutan seluas 40 hektar di tujuh kabupaten di Sulawesi Selatan habis terbakar. Kebakaran itu terjadi di Bone, Soppeng, Enrekang, Maros, Gowa, Takalar, dan Jeneponto.

Amukan api di hutan di Sulsel tidak seperti di Sumatera dan Kalimantan yang sulit dipadamkan. Kebakaran hutan yang terjadi di Sulsel ini mampu dipadamkan hanya dalam waktu 3-4 jam.

Meski begitu, masyarakat, polisi, TNI, regu pemadam kebakaran, dan polisi kehutanan tetap berjaga dalam status Siaga I.

Kepala Dinas Kehutanan Sulsel Andi Sukri, Selasa (15/9/2015), membenarkan sudah 40 hektar hutan di tujuh kabupaten yang terbakar. Hanya saja, kategori kebakaran hutan di Sulsel sebatas lantai atau ilalang.

Andi Sukri juga menegaskan, faktor kebakaran hutan ini terjadi akibat kelalaian manusia. Kelalaian yang dimaksudkan bukan karena disengaja. "Jadi, kelalaian itu seperti orang sambil jalan membuang puntung rokok atau pencari madu hutan dengan membuat pengasapan mengusir lebah. Ilalang yang kering itu jadi terbakar," kata dia.

Selain itu, proses pemadaman, menurut Andi, tergolong mudah karena petugas masih bisa mendapatkan air di sungai-sungai sekitar lokasi itu. "Kalau air di sekitar lokasi kebakaran hutan itu masih ada sehingga petugas dengan mudah memadamkan api," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com