Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi dan Putusnya Tali Rafia di Karnaval Khatulistiwa

Kompas.com - 22/08/2015, 15:41 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Tumpah ruah, begitulah kata yang tepat menggambarkan pengunjung Karnaval Khatulistiwa, Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (22/8/2015). Setidaknya, ada 3.000 orang memadati Rumah Radakng, rumah adat Kalimantan Barat, yang menjadi tempat awal perhelatan akbar Karnaval Khatulistiwa.

Suhu setempat yang mencapai 38 derajat celcius sama sekali tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk melihat acara pembukaan Karnaval Khatulistiwa yang diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Sedari pukul 11.00 WIB, warga sudah memadati kawasan Rumah Radakng, meski acara dijadwalkan mulai pada pukul 14.00 WIB. Mereka tetap sabar menunggu hingga Jokowi datang sekitar pukul 14.30 WIB.

Warga yang sudah berkumpul terlihat antusias karena ingin melihat langsung Presiden ke-7 RI itu. Pengamanan seadanya yang disediakan panitia berupa batas-batas dengan tali rafia putus seketika saat ribuan warga berhamburan mendekat ke arah Jokowi. Pasukan pengamanan presiden (Paspampres) pun kewalahan meski sudah membuat pagar betis untuk menahan warga yang berdesakan.

Animo warga untuk bersalaman dengan Jokowi tak lagi terbendung. Daerah steril yang seharusnya tak boleh dimasuki oleh warga berhasil ditembus. Di daerah belakang panggung contohnya, ada sekitar 100 masyarakat berdiri di situ.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com