Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Peserta Muktamar NU Gelar Tahlil di Makam Bung Karno

Kompas.com - 29/07/2015, 14:32 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Ribuan peserta muktamar dan warga Nahdatul Ulama (NU) malam nanti akan menggelar tahlil akbar di makam Bung Karno, Kota Blitar, Jawa Timur. Tahlil akbar adalah salah satu rangkaian acara Muktamar NU ke-33 di Kabupaten Jombang pada 1 Agustus mendatang. 

Tahlil akbar, kata Ketua Pengurus Wilayah NU Jawa Timur, KH Mutawakkil A'lallah, akan dikemas sebagai acara haul akbar pendiri Bangsa, Bung Karno dan pendiri NU KH Hasyim Asy'ari.

"Ini untuk mengingatkan bahwa dua tokoh ini (Bung Karno dan KH Hasyim Asy'ari) memiliki peran penting dalam kemerdekaan RI," kata dia usai menerima perwakilan elemen LIRA di Surabaya, Rabu (29/7/2015).

Dalam tahlil akbar tersebut, selain dihadiri ratusan ribu peserta Muktamar, juga akan dihadiri keluarga besar Bung Karno, dalam hal ini Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dan keluarganya, serta keluarga besar KH Hasyim Asy'ari, yakni isteri Mantan Presiden Abdurrahman Wahid, Shinta Nuriyah dan keluarga. 

Di sisi lain, dia memastikan persiapan Muktamar NU ke-33 di Kabupaten Jombang sudah hampir 100 persen. Semua akomodasi peserta dan tamu sudah disiapkan.

Disebutkan pula, Presiden Joko Widodo hadir untuk membuka muktamar pada 1 Agustus nanti. "Insyaallah Pak Jokowi yang akan membuka muktamar nanti," ujar Mutawakkil.

Muktamar NU akan dihadiri 50.000 lebih warga NU dari berbagai daerah. Muktamar akan menempati empat pondok pesantren besar sebagai forum komisi dan tempat menginap, yakni Ponpes Tebuireng, Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas, Ponpes Darul Ulum Peterongan, dan Ponpes Mambaul Ma’arif Denanyar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com